My pregnancy journey

Hamil dan melahirkan di perantauan yang bener-bener jauh dari keluarga besar? hamil dan melahirkan disaat pandemi covid-19? hamil dan melahirkan saat usia udah lanjut? hamil dan melahirkan saat sekolah dan baru hectic banget dengan sekolahnya? Hamil dengan diagnosis diabetes gestasional? sehingga tiap hari ujung jari ditusuk jarum buat cek gula darah 4x sehari dan harus diet karbohidrat+buah, sementara saya sedang gampang lapar? hamil saat proposal defense di usia kehamilan 38 minggu? dimana perut udah kayak mau mbrojol plus jalan udah sempoyongan, profesor pembimbing tiap ketemu selalu wanti-wanti “take care”, dan dokternya shock pas mau njadwalin operasi karena jarak proposal defense dan operasi cuma 2 hari sambil komen “it must be very stressfull for you”? Sehingga doa saya tiap hari cuma: tolong kuatkan saya dan janin saya, ya Allah.. Dan akhirnya setelah 2 minggu melahirkan qadarullah didiagnosis Bell’s Palsy. Iyes, wajah saya lumpuh sebagian karena kondisi saya yang ngedrop, stress, kurang tidur, kelelahan, dan sampai sekarang saya masih harus terapi dan dalam pengobatan suntik steroid. Dan belum sembuh dari Bell’s Palsy, ternyata bekas jahitan operasi saya infeksi, harus perawatan infeksi yang subhanallah bikin saya trauma tiap mau ngganti perban.. Hmmm..saya ga pernah mbayangin sebenernya.. Perjuangan lahir batin saat sekolah, hamil, dan melahirkan.. Tapi qadarullah..kalau Allah sudah berkehendak mau gimana lagi, ya kan?

Mungkin, Allah berkehendak kami bisa merasakan tiap hamil dengan kondisi dan perjuangan yang berbeda-beda.. Hamil anak pertama saat masih cukup setrong, umur 25 tahun, dan kondisi LDM karena suami udah kerja di Purwokerto, sedangkan saya masih kerja proyek di Jogja, dan akhirnya melahirkan bayi prematur. Lima tahun kemudian hamil anak kedua, udah jadi perantauan di Purwokerto, masih jadi dosen kontrak pejuang CPNS, tapi udah ga LDM, dan Alhamdulillah melahirkan di usia kehamilan cukup bulan. Dan 7 tahun kemudian, hamil lagi, lebih jauh merantaunya, dengan statusnya mahasiswa yang mengandalkan beasiswa buat kehidupan sehari-hari, dan seabrek perjuangan.. wkwkwk..
Kek mana kehamilan ketiga? Hmmm..jelas karena umur sudah mulai landjut, status mahasiswa yang harus kerja rodi demi bisa lulus, kondisi semua negara pandemi covid-19, dan jauh dari perantauan dimana buat cari bakso di pengkolan jalan aja susah (padahal pengeeeennnn banget makan bakso), tentu aja bener-bener jadi tantangan buat kami. Alhamdulillah covid di Taiwan cukup terkontrol, sehingga saya merasa jauh lebih aman dan lebih nyaman, meski strugle-nya kalau ga dikuat-kuatin rasanya pengen nyerah.

Throwback ke kurang lebih 10 bulan yang lalu. Saat itu, saya memang ga ngeh kalau hamil, walaupun sudah telat menstruasi beberapa hari, karena memang siklus period sy memang kadang bisa mundur. Pokoknya kalau belum telat 14 hari, sy masih belum yakin kalau hamil! Prinsip! Wkwkwk.. Jadi sy masih sempat ikut olimpiade PPI Tainan di cabang olah raga pingpong, yg alhamdulillah dapat perunggu..wkwkwk.. Alhamdulillah mual-mual atau teler sampai dehidrasi dan opname macam kehamilan anak mbarep juga enggak, jd sy masih rajin badminton sampe usia kehamilan 5 bulanan, dan masak besar untuk beberapa event jg.. Cuma memang harus diakui, saat itu saya ngantukan berat.. Pas di lab, saat baru di depan laptop, sy bisa tiba2 langsung tidur sambil duduk.. 
Qadarullah, suatu hari sy pulang dr lab agak kemalaman, udah gitu jebul ban sepeda saya bocor sehingga saya harus nuntun sepeda dari lab otw ke rumah dengan bawa laptop 17 inch di punggung. Tapi ditengah2 perjalanan suami telpon, sepedanya asal diparkir aja di parkiran sepeda departemen lain, biar besok pagi ditambal di bengkel. Akhirnya saya putar balik nyari tempat parkiran sepeda, dan pulang jalan kaki. Sampe rumah saya udah agak lemes, dan lumayan mual. Pikir saya, maag saya kambuh karena telat makan, plus baru agak stres karena sedang running simulasi riset tapi error terus. Pak bojo khawatir, jangan-jangan saya hamil. Saya kok jadi deg-degan, tapi sekaligus ragu-ragu juga.. Lha baru telat 9-10 hari. Soalnya pernah telat 12 hari di tes negatif trus besoknya mens, kan rugi tespeknya..wkwkwk.. Tapi suami bilang ga ada salahnya dites, toh masih punya test pack sebiji, persediaan saking kalau lagi stres hormonnya mawut-mawut. Akhirnya paginya saya tes. Dan saya cukup shock lihat tanda 2 strip di test pack. Rasanya excited. Maklum udah 7 tahun ga merasakan hamil dan melahirkan. Saya panggil suami yang kayaknya udah selesai subuhan, saya suruh ngecek, jangan-jangan saya halu. Suami pun ga kalah kaget. Ga nyangka di usia lanjut, kami masih diberi kesempatan buat merasakan kehamilan lagi.

Orang kedua yang saya kabari adalah ibu. Beliau pun ga kalah kaget, dan pertanyaan beliau jelas: wis pirang sasi? mengko sekolahmu piye? Apalagi 2 minggu sebelumnya saya bilang ke Ibu kalau akan defense proposal serta beberapa rencana studi lainnya. Jadi pertanyaan selanjutnya: sido ini itu? Saya bilang InsyaAllah akan ada jalan dari Allah. Kalau Allah memberi “hadiah” kehamilan, InSyaAllah akan ada kemudahan dan kebaikan untuk kami dan sekolah saya. Tapi ya mau ga mau saya harus menyesuaikan dan reschedule beberapa study plan saya. Qadarullah ternyata 2 bulan setelah saya positif hamil, terjadi pandemi covid-19 yang membuat saya ga ada habisnya bersyukur kalau banyak study plan saya yang ikut berubah. Menjelang proposal defense, mau ga mau pikiran dan energi saya sebagian besar fokus ke sana, padahal badan udah ga bisa diajak kerja terlalu keras. Kadang kalau dipikir, udah mau lambaikan tangan ke kamera, tapi saya ingat, kalau Allah kasih ujian semacam ini ke saya, itu artinya Allah percaya InSyaAllah saya pelan-pelan bisa melewati. Jadi Bismillah, semoga Allah mudahkan segala sesuatunya.

Untuk pemeriksaan kehamilan, kami juga mulai cari referensi. Beberapa teman mahasiswa yg  hamil di Tainan biasanya periksa dan melahirkan di klinik ibu dan anak Annan. Di sana harga periksanya cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa, tapi agak jauh dari rumah. Alternatif lain adalah periksa di NCKU Hospital, rumah sakit pendidikan, riset, dan rujukan. Kata beberapa teman biaya periksanya sedikit lebih mahal dibanding di Annan, tapi setelah kami mengalami, sebenernya harganya ya worth it. Biaya pendaftaran dan periksa sama dengan di Annan (150 NTD) dan tiap periksa selalu ada tes keasaman urin dan USG. Tapi memang karena harus tes dan cek ini itu (nanti saya ceritakan apa aja tes dan ceknya), kesannya jadi mahal. Tapi menurut saya worthy kok.

NCKUH mungkin mirip RSUP Sardjito ya.. RS ini merupakan RS pendidikan dan RS rujukan yang berafiliasi dengan NCKU. Dengan pertimbangan saya hamil di usia lanjut, 2x sesar di kehamilan sebelumnya, suami keukeuh kalau saya sebaiknya periksa dan nantinya melahirkan di NCKU hospital yang mestinya peralatannya lebih lengkap karena saya lebih beresiko. Yes, suami ga mau ambil resiko. Pertimbangan lain adalah cukup dekat dengan rumah, jadi kalau ada apa-apa dekat dan kalau saya melahirkan, suami lebih dekat wira wiri ke rumah sambil ngecek anak-anak. Dan akhirnya memang terbukti, kedekatan NCKU Hospital dengan apartemen yang cuma seplintengan kolor menjadi pemudah pak bojo dalam mengurusi saya yang di RS dan anak-anak di rumah, karena saat-saat saya di RS, pak bojo jadi orang yang paling sibuk sedunia mondar mandir RS-apartemen. Jadi tanggal 9 jam 1 dini hari saya udah harus di RS buat persiapan operasi karena tanggal 9 Juli jam 9 saya dijadwalkan operasi. Tapi karena anak-anak belum libur sekolah, tiga jam sebelum saya operasi, pak bojo harus pulang ke rumah untuk ngantar anak-anak sekolah, dan bisa-bisanya habis ngantar sekolah, pak bojo pulang lagi ke apartemen buat mepeni klambi yang barusan selesai dicuci, sementara saya di RS ketir-ketir bojone ra teko-teko padahal udah hampir jam-nya operasi..wkwkwk.. Bahkan pernah, pas saya kebelet pipis sesaat setelah lepas kateter, langsung WA pak bojo, padahal beliaunya baru beberapa saat balik ke apartemen. Karena opname di RS, ternyata harus mandiri, sehingga buat sibinan pun saya sibinan sendiri dengan dibantu pak bojo, dan untuk urusan ke kamar mandi juga harus sendiri. Tapi karena habis operasi, oleh perawat saya ga boleh ke kamar mandi sendiri, harus ditemani suami, jadi terjadilah balada WA pak bojo karena kebelet pipis. 

Okelah, semoga diparingi rejeki lancar buat periksa dan melahirkan. Dan belakangan saya tau dari baca di buku panduan ibu hamil, NCKUH merupakan salah satu diantara 12 lembaga yg diakui pemerintah Taiwan sebagai lembaga pemeriksaan penyakit bawaan janin, terutama thalasemia. Jadi NCKUH memang berkomitmen untuk melakukan deteksi dini penyakit bawaan pada janin, dan InSyaAllah saya pun merasa lebih siap dalam menghadapi kehamilan ketiga ini. Setelah bayi lahir, ada 21 macam screening test metabolisme untuk newborn, termasuk ear test atau tes pendengaran. NCKU hospital juga bagus banget komitmennya dalam mendorong dan mensupport ibu menyusui, bahkan sejak hari pertama saya melahirkan. Ayah juga dilibatkan banget dalam support menyusui. Saya dan suami langsung diajari pijat payudara dan merah asi bahkan kalau saya kuat, saya boleh langsung menyusui. Tapi karena kami ga rawat gabung, (saya maupun bayi saya harus sama-sama diobservasi, dimana saya diobservasi kadar gula darah dan kondisi setelah operasi, sementara bayi saya diobservasi apakah terkena hipoglikemia, dan screening untuk newborn), jadi saya baru bisa ketemu dan menyusui bayi saya di hari kedua. Setelah pulang dari RS, saya juga ditelpon NCKUH untuk di follow up kondisi saya dan bayi saya (ditanya gimana darah nifas saya, bayi saya diapersnya berat apa enggak, karena itu mencerminkan kecukupan asi, dll). Selain itu, ada banyak pelajaran yang bisa saya ambil selama melahirkan di NCKU hospital, termasuk saya akhirnya berteman baik dengan “obsgyn case manager” yang “mengawal” trimester terakhir kehamilan saya (tentang “case manager” ini, InsyaAllah kapan-kapan saya tulis), bahkan saat jahitan operasi saya infeksi, beliaulah yang pertama saya tanya lewat Line dan membantu saya diskusi dengan dokter obsgyn, serta juga ikut masuk ke ruang perawatan saat infeksi saya dibersihkan sambil saya nangis-nangis nahan sakit. 

Gimana kehamilan saya? Alhamdulillah trimester pertama bisa sy lalui dengan cukup nyaman. Ga ada keluhan morning sickness, saya masih bisa masak, bersih-bersih rumah, ngosek wc, nyepeda sampai umur kehamilan hampir 9 bulan, dan ehm..badminton sesekali waktu. Hanya saja, saya memang jadi ngantukan.. Aslinya udah ngantukan, hamil jadi lebih ngantukan😅 Mual ada dikit. Bahkan 2 atau 3 kali sampe hoek-hoek, tapi ya ga keluar apa-apa, trus habis bunyi hoek-hoek rasanya lega, kayak semacam anak gadis pengen curhat dan setelah curhat langsung lega. Tapi rasa mual itu biasanya sekitar habis maghrib/isya’. Jadi siklus saya kalau masuk maghrib adalah saya maghriban dulu di lab, trus  buru2 pulang, selak mual.. Sampe rumah segera makan, karena kalau telat makan khawatir mualnya semakin menjadi dan ga enak makan. Habis makan malam, semua piring direndam di sink, dengan rencana nanti dicuci tapi mampir sholat isya’ dan thenger-thenger di kasur sambil ngajarin PR anak-anak dulu. Saya suruh anak2 (terutama anak mbarep) ngerjain PR yang kira-kira saya mikirnya ga terlalu berat. Ditengah2 ngajarin PR, biasanya mual mulai terasa, tapi saya ketiduran😅, sehingga akhirnya PR anak mbarep yang susah dibantuin bapaknya dan saya bangun lagi biasanya jam 9-9.30an malam, saat mualnya udah lewat dan PR udah selesai😂 Bahkan kadang piring makan malam dan panci juga udah dicuci berkah orang hamil.😘 

Pernah suatu hari, setelah makan malam, saya ketiduran. Tengah malam terbangun dan anggota keluarga lain udah pada tidur. Tiba-tiba saya merasakan panas di dada agak ke bawah, sampai saya ngeluarin keringat dingin. Subhanallah..rasanya bener-bener ga nyaman. Saya khawatir kena serangan jantung. Saya langsung dzikir sambil ingat-ingat kalau anak-anak masih kecil, baru hamil, baru sekolah, dll. Akhirnya saya gugling, dan baru saya sadar bahwa kemungkinan itu heart burn yang sering dialami ibu hamil. Beberapa tahun yg lalu saya pernah baca-baca tentang heart burn pada ibu hamil, tapi karena ga pernah ngerasain, jadi ya ga ngeh kalau yang saya alami malam itu adalah heart burn. Tiap makan pedes, atau habis makan posisi badan tidur dengan kepala sejajar badan (kepala ga ditinggikan), biasanya langsung di ulu hati terasa terbakar. Saya tanya adik saya yang dokter, boleh minum obat maag ga kalau heart burn saya parah dan ga bisa ditahan sakitnya? Dia bilang boleh, tp agak jauh waktunya dari minum zat besi atau asam folat. Terhitung dua kali saya minum obat maag kalau heart burn saya memang bener-bener ga bisa ditahan sakitnya. Tapi kalau masih bisa ditahan, ya saya tahan. Alhamdulillah heart burn-nya hanya terjadi di trimester pertama. Setelah trimester kedua, posisi tidur ngalor ngidul tetap nyaman, dan Alhamdulillah ga banyak drama.

Di trimester tiga, Alhamdulillah sebenarnya relatif lantjar djaja.. Mulai ada drama menjelang proposal defense, seperti yang pernah saya tulis sebelumnya. Di trimester tiga ini saya juga didiagnosis diabetes gestasional. Diabetes yang hanya timbul saat kehamilan, dan memang terbukti setelah melahirkan, kondisi gula darah saya normal kembali. Nanti kapan-kapan akan saya tulis gimana diet saya saat diabetes gestasional.

Setelah melahirkan, justru kondisi saya semakin turun. Gimana enggak, tanggal 6 malam, sebelum defense proposal, saya cuma tidur 2 jam, dan karena defense saya baru selesai jam 6 sore, sampai rumah baru jam 8 malam, langsung tepar. Besoknya, tanggal 8, sebagian besar waktu saya alokasikan untuk masak buat nyediain stok lauk dan belanja cemilan anak-anak selama saya tinggal 5 hari di RS, bersih-bersih rumah, dan ngosek WC. Malamnya saya packing keperluan opname di RS, sementara Pak bojo nyelesaikan kerjaannya. Belum sempat tidur, tanggal 9, jam 1 dini hari, saya ditelpon NCKUH untuk mulai masuk RS dan observasi sebelum operasi sesar. Malam itu saya kurang istirahat. Saya hanya tidur 1 jam, karena baru bisa tidur setelah subuhan dan ngaji, tapi segera terbangun karena kepikiran anak-anak yang harus berangkat sekolah sementara mereka cuma berdua di rumah. Karena jujur aja,walaupun ini adalah operasi sesar yang ketiga, tetap ada rasa deg-degan. 

Jujur aja, saya baru bisa tidur agak nyenyak setelah melahirkan, saat masih di RS. Karena begitu pulang dari RS, saya udah harus mikir paper konfren yang udah dekat tenggat waktunya. Saya memang agak mendadak mendaftar konfrennya. Baru seminggu sebelum defense proposal, mengingat salah satu syarat kelulusan Departemnet Hydraulic adalah harus ikut 2 konfren internasional, sementara karena covid ini banyak sekali konfren yang diundur tahun depan. Sehingga sebelum defense, saya benar-benar belum bisa ngerjain papernya karena saya lebih fokus nyiapin defense. 
Jadi sesampai di rumah, saya mulai begadang lagi. Begadang untuk menyusui dan ngganti diapers, plus ngerjain paper. Kondisi kurang tidur dan stress dikejar dead line membuat imun tubuh saya turun ke level ndlosor. Akibatnya, dua minggu setelah melahirkan, tiba-tiba saya ga bisa menggerakkan bagian wajah saya yang sebelah kiri. Iya, wajah sebelah kiri tiba-tiba lumpuh! Saya sempat shocked. Saya pikir, saya terkena stroke. Sehingga saya langsung WA adik saya yang dokter buat konsul. Adik saya menduga saya terkena bell’s palsy. Tapi untuk lebih yakinnya, saya diminta konsul ke sepupu saya yang dokter saraf.

Akhirnya saya konsul ke sepupu lewat WA, dan setelah saya diminta foto dengan beberapa ekspresi, diagnosisnya juga sama, Bell’s Palsy. Saya diminta sepupu untuk segera periksa ke dokter saraf agar mendapatkan terapi dan pengobatan.

Kondisi tiba-tiba terkena Bell’s Palsy membuat saya tambah stress. Seharian itu saya udah kayak orang depresi. Saya sempat nangis di depan laptop, tepatnya di pojokan kamar sambil menyusui karena kondisi saya capek setelah begadang dan lapar karena bayi saya kuat banget ngASI-nya, tapi buat makan sulit sekali karena mulut dan lidah saya yang sebelah kiri ga bisa bergerak. Pak bojo bener-bener berusaha menguatkan saya, meskipun sempat bingung liat saya kayak orang depresi😅. Kalau enggak, bisa-bisa saya terkena post partum depression.
Perjuangan penyembuhan Bell’s Palsy juga cukup challenging. Salah satu obat yang harus saya konsumsi adalah suntik steroid. Saya sempat diskusi agak lama dengan dokter saraf untuk steroid ini. Menurut dokter, saat itu adalah saat emas kondisi pengobatan saya pakai steroid. Tapi karena saya menyusui, saya sempat mempertanyakan opsi steroid. Dan sebenarnya dokter agak khawatir juga efeknya ke bayi saya. Sehingga saya disarankan untuk konsul dengan dokter anak. Tapi karena jadwal kontrol bayi saya masih lama, akhirnya saya konsul dengan sepupu saya yang DSA. Alhamdulillah beliau bilang gapapa, InSyaAllah steroid yang saya konsumsi buat pengobatan masih dalam taraf aman untuk ibu menyusui dan bayinya. Selain suntik steroid dan minum vitamin B kompleks, saya juga harus melakukan terapi yang dilakukan tiap hari. Terapinya berupa sinar infra merah, pijat wajah dan akupuntur pakai listrik. Selama seminggu kemudian, kondisi Bell’s Palsy saya memburuk. Tapi sepupu dan dokter saya memang sudah mem-warning bahwa nanti minggu pertama, biasanya Bell’s Palsy-nya akan memburuk. 

Kondisi saya yang memburuk itu berefek pada mata yang mudah iritasi karena kelopak mata sebelah kiri ga bisa menutup (bahkan saat tidur) dan saya ga bisa makan, karena bibir dan lidah sebelah kiri ga bisa bergerak. Selain itu lidah saya yang sebelah kiri menjadi kebas dan ga bisa merasakan. Padahal, saat itu saya butuh asupan gizi yang tinggi untuk proses penyembuhan pasca operasi dan menyusui. Karena saya sulit makan, otomatis gizi saya juga berkurang. Efeknya adalah seminggu setelah didiagnosis Bell’s Palsy, bekas jahitan operasi saya terjadi infeksi sepanjang 3 cm. Saya agak panik, sehingga saya ngontak case manager yang mengawal trimester kehamilan saya. Saya dan suami akhirnya dipandu untuk membersihkan infeksinya, dan besoknya diminta untuk ke RS untuk perawatan infeksi. Saat itu luka operasinya bener-bener senut-senut. Buat bergerak suakit bangeett. Berasa habis lahiran lagi..😭 Dan besoknya saat perawatan infeksi, dokter membersihkan luka saya, dan subhanallah sakitnya luar biasa. Saya sampai nangis sambil di puk puk case manager, sementara pak bojo di luar nggendong bayi saya. Tapi Alhamdulillah menurut dokter, infeksinya ga dalam, jadi InsyaAllah segera sembuh dan dokter cuma ngasih antibiotik dan pereda nyeri.

Alhamdulillah ini hari ke lima pasca infeksi, lukanya sudah mulai kering. Sakit ini bener-bener jadi pengingat saya untuk lebih hati-hati dan jaga kesehatan. Case manager sampai bilang, lupain dulu papermu, fokus dulu sama penyembuhanmu, karena imunmu bener-bener turun sehingga kamu terkena Bell’s Palsy dan luka operasimu ga sembuh-sembuh. Sekarang, meskipun masih agak sulit makan, tapi saya berusaha makan walaupun durasi makan jadi lama banget karena masih agak sulit ngunyah, istirahat cukup, dan minum seabreg obat, plus terapi Bell’s Palsy. Yes, saya harus setrong sehingga bisa lekas sembuh. Untuk buibu yang barusan melahirkan dan terutama masih masa nifas, banyak-banyaklah istirahat. Ga usah sok kuat mau nyelesaikan macem-macem kalau kondisinya ga memungkinkan. Terutama yang udah berumur hampir kepala 4 beberapa tahun.lagi macem saya. Efeknya bener-bener destruktif ke diri sendiri. Jangan coba-coba, cukup saya aja..😆 Take care, jaga kondisi dan kesehatan. Karena hari-hari awal setelah melahirkan itu bener-bener melelahkan lahir batin, apalagi kalau bayinya kuat ngASI sehingga kita sering kebangun tiap malam.

Hari ini tepat sebulan pasca melahirkan. Anggota baru di keluarga ini bener-bener new normal buat kami. Kami harus bisa lebih ngatur waktu. Pak bojo jadi tambah kemampuan masaknya, dan anak-anak yang lebih besar jadi lebih punya tanggung jawab, sementara saya harus belajar menurunkan lagi standar hidup saya😅

Trus apa aja dan gimana pemeriksaan kehamilan dan melahirkan di NCKU Hospital khususnya, dan di Taiwan umumnya? pelajaran apa aja yang bisa saya ambil selama hamil dan melahirkan di sini? Berapa biaya-biaya yang harus dikeluarkan saat pemeriksaan kehamilan dan melahirkan di Taiwan? Dilanjut besok ya.. Bakalan panjang tulisannya..tapi semoga nulisnya bisa buat self healing biar saya ga stress..wkwkwk..

2 comments

    • Sy pakai beasiswa universitas, mbak.. Mungkin tergantung tinggalnya dimana dan beasiswanya apa, mbak.. Karena tiap kota beda2 biaya hidupnya

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.