About

an ordinary mom and an aordinary wife..

10 comments

  1. permisi bu, sy mario mahasiswa semester akhir di salah satu universitas dijogja yang sedang mengambil peminatan keairan,.. kebetulan sy sedang menyusun proposal tugas akhir tentang evaluasi sistem drainase penanggulangan banjir di pekalongan.. apa sy bisa minta email ibu untuk berkonsultasi tentang metode dan perhitungan teknis tentang sistem drainase??.
    Terima kasih
    Salam

  2. Hallo salam kenal Kak. Saya Nita. Mohon tanya, kl anak lulusan SD dari Indonesia, apakah bisa mendaftar SMP negri di Taiwan? Terima kasih

    • Halo mbak.. Terus terang sy blm pernah ketemu kasus yg serupa ya mbak.. Kemungkinan bisa, tp mungkin agak berat adaptasinya nanti, karena materi di sini kalau sekolah negri hampir 90% pakai bahasa mandarin (pelajaran bahasa inggris pun untuk perintah ujian dan ngajarnya ternyata ttp pakai bahasa mandarin), sementara kita tau kalau bahasa mandarin ini segala sesuatunya punya istilah dan tulisan sendiri. Selain juga tugas dan PR di sekolah banyak, jd sepengalaman anak kami yg kelas 1 SMP, ortu jg harus ikut mikir pelajaran anak di sekolah..karena kami ga tega juga kalau anak2 sedikit pun ga paham materi di sekolah..hehee..
      Tp mungkin situasihya akan lebih mudah kalau anak mbak Nita sudah punya basic sedikit bahasa mandarin. Paling enggak bisa komunikasi dgn teman atau guru, walaupun nanti untuk materi pelajaran harus kerja keras jg karena kendala bahasa, terutama pelajaran2 macam biologi, sejarah, sosiologi dan sastra mandarin (yg menurut anak sy pelajarannya cukup berat karena istilah2nya banyak yg baru dia kenal).

  3. Assalamualaikum. Salam kenal. Saya Lailil, ibu dua anak. Terima kasih telah membuat artikel yang sangat bermanfaat ini. Kalau saran dari Ibu, untuk bisa berkomunkasi dasar menggunakan bahasa mandarin sebaga bekal belajar di sekolah dasar, anak-anak harus menguasai bahasa mandarin sampai level berapa? Terima kasih.

    • Tergantung masuk SD nya kelas berapa mbak.. Kalau masih kelas kecil, sepertinya bahasa sehari2 sudah cukup. Tapi kalau lebih besar, vocabulary-nya harus lebih banyak ya

  4. Siang bu.. Saya juga di taiwan boleh tanya lebih lanjut bagaimana langkah untuk memeriksakan kandungan

  5. Halo..salam kenal bu . Saya Jenny rencana akan sekolahkan anak saya utk msk SMP di Taiwan.. anak saya ndak ada basic mandarin sama sekali.. apakah bs bu? Agak kuatir jg saya bu sebetulnya..syarat yg hrs kamj penuhi apa ya bu? Terima kasih banyak

    • Halo salam kenal Bu.
      Kalau mau masuk SMP&blm bisa bahasa mandarin, mungkin nanti akan berat ya..krn materi dan percakapan sehari2 biasanya sekolah (apalagi sekolah negeri) akan pakai bahasa mandarin.
      Kalau untuk syarat, mungkin ga jauh beda dgn cara masuk SMP di Indonesia, krn sekolah di Taiwan jg menerapkan sistem zonasi.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.